My first Tour Leading and Backpacking Journey abroad

Mau sedikit sharing.. :D
Bagi2 manfaat setelah liburan ini. Walau kalian gak ikutan main, sapa tau temen2 tetep bisa melihat perspektif lain lewat notes ini.

I have reasons why I prefer going backpacking than with tour.
First, gwa bukan orang kaya. Niat backpack ke Thailand muncul seketika karena ada temen wa yg ngasih link penerbangan murah ke Thailand. All dibawa 1jt, beda dengann biasanya gwa liat 1,6jtaan. Gwa ngecek tiap2 tanggal dan nyari harga termurah sehingga gwa dapet PP 7-12 febuari kmaren. 650rb doang, hhahahaha!!! tapi belom sama tax, baggage de el el.

Do u know kalo selama 6 hari gwa cm abis 3,5 jt (udah sama belanja, main, guling2an, makan, taxi dalam kota luar kota, poto2, ngeceng, ngemil, dan ditipu mafia-scam-I will tell u the story later) tapi gak tau ya kalo mama, tante ayu, dan tuti. Tergantung dari pengeluaran masing2 jg. Mungkin ibu2 ada abis 6 jutaan, belanjanya boooo, sampe hampir overbaggage. hhahaha

Second, gwa punya pengalaman buruk ikut tour (inget lho, tour, bukan ikut liburan ramean temen), dulu ke Malaysia dan Singapur, gwa ngerasa, JUJUR, gwa gak dapet2 apa2.. Cuma dapet duduk manis di bis, keluar poto2 dikasi waktu 30 menit, belanjan ke beberapa tempat masing 1 jam, dll. Jujur, gwa cuma inget genting highland dan makan di restoran berputar dan poto2 di merlion. Selain itu, gwa gak tau gwa dibawa kmana aja. Termasuk ke chinatown nama tempat2nya aja gwa kagak tau. Ke twin tower jg gak ngapa2in, dilepas aja kaya anak ayam ilang, Bahkan mama gwa terpaksa ngikut gwa yg berpetualang sendiri, karna orang2 tur lain pada jalan deket2 doang. Takut nyasar. Gwa bahkan gk tau tempat apa2 yg duah gwa datangin, namanya, how to get there, de el el.

Third, When Im going for vacaion, belanja dan pamer poto2 itu urutan kedua. Kebetulan gwa orangnya males dibodoh2in dan ngeluarin duit yang gwa gak tau kmana2 aja dipakeknya.

Kecewa dengan tur2 sebelumnya, gwa lebih puas bila gwa tau gwa kmana aja, naik apa, apa yg paling terkenal dan must visit disana. PLUS petualangannya.
Mungkin buat kalian yg gak punya jiwa petualang, dan lebih suka sesuatu yg nyaman gak bakal terlalu suka backpacking. And that's okay. Gak ada yg salah pengen nyaman2. Tapi buat gwa, going abroad is finding another perspectives. Have new friends. Really. Banyak hal yg bisa lw pelajarin dsana. Kesamaan. Perbedaan. Bener-bener cara yg optimal buat gwa untuk meningkatkan rasa sosial gwe. Jujur cara ini lebih optimal kalau ada diantara kalian udah bosen dengan pemandangan peminta2 di tengah kota sehingga hati lw udah beku buat percaya dengan kesedihan2 sosial dalam bentuk seperti itu.





Well, first of all, Indonesia gak jauh lebih jelek daripada Thailand. Justru jauhlebih bagus di sisi2 tertentu.
Dari perbandingan ibukotanya aja, Jakarta lebih banyak punya gedung2 pencakar langit dan desain bangunan modern. Sementara Bangkok lebih ke desain biasa2 aja, dan gedung yang tinggi-tinggi gak jauh2 dari 2 hal: bangunan kementrian dan mall. Bangunan megah cuma temples. Perlu di notes ni, gwa belom ke semua kota di sono, jadi correct me if Im wrong.

Sebagai tambahan aja, bangunan kementerian disana biasanya ada gambar-gambar mentrinya saat itu plus lambang kementrian. Tapi overall, bangunan cendrung sederhana. Jakarta jauh lebih mewah dan modern. Tekonologi juga biasa aja. Seadanya. Bahkan setau gwa, orang2 lokal Thailand jarang bgt ada yg ikut social cyber community kaya facebook or twitter. Gwa rasa ini karena untuk huruf-huruf umum kaya "A B C" aja gk semua orang tau. Banyak jg yang cuma bisa baca tulisan Thailand. Mau bukti?
sebenernya gwa rada kesusahan komunikasi di sana (bahkan di Bangkok sekalipun), di Bangkok gwa ngehubungin langsung taxi driver yg baik bgt, gwa dapet rekomendasi dari sesama

traveller/backpacker. Lewat email sih, seems fine saat komunikasi dan ngebaca semua email gwa,. Gak taunya pas nyampe sana, gwa kasi tau ulang jadwal gwe, dia cm bisa ketawa kecil. Trus dia ngeluarin catetan dia yg pake aksara thailand, dan dia bacain ke gwe. Untuk bahasa, jujur aja, body language lw lebih berguna dibanding bahasa inggris umumnya. Apalagi kalo lw adalah seorang backpacker yg bakal tanya sana sini sama org lokal, baca peta2, dan makan di emperan khusus tempat muslim atau yg halal.

Tempat wisata juga gwa rasa Indonesia mungkin punya lebih banyak hiburan dan pulau2 keren. disana mereka bisa diitung pake jari. Makanan indo lebih bervariasi, budaya apa lagi. Disana tiap restoran, hampir tom yum tom yum dan tom yum. Seafood seafood seafood. dikit deh nemuin racikan2 keren.






Tapi, kalo gwe liat lebih dalem lagi, kita juga ada baiknya belajar dari negara gajah putih ntu.
Dari kuil2 historis, tempat wisata, sampe dinding2 di bawah flyover dan pinggiran comberan, jujur, gwa belom pernah liat coret2an di tempat umum.
Gwa pikir dari semua kuil dan patung buddha pasti ada lah yg kupingnya copot atau jarinya rusak (walaupun kepalanya gak buntung kaya di terakhir gwa lihat di borobudur), eh, gwa liat disemua kuil dan temples yg gwa datangi dsana, kagak ada yg cacat! Gak tau apa gwa cuma lucky aja atau gmana..
Liat aja nih detail2nya di gambar sebelah ini... bunga2, kilau2 kaca juga ditempel2in kan? bayangin, sampe daun2 sekecil kuku jari kelingking tangan lw aja kagak ada yg copot. Padahal kagak ada tukang ngejagainnya. Paling kalo yg dijaga bgt yg ada patung buddha gedenya.


ni gwa kasi contoh detailnya. Ini atep setinggi kepala gwa. Ditaro diluar, kegapai sama org2 termasuk gwa.

Pertama sih gwa mikir, hebat amat ni negara orang2nya kok kagak ada yg usil. Gwa rasa, Thailand beruntung, berkat dukungan dari masyarakatnya sendiri, Maintenance cost tempat-tempat umum jadi lebih rendah. Maknya pas gwa di bis kota perjalanan phuket-bangkok dan TV lagi nyiarin berita, siaran TV gak jauh2 dari berita: Ditemukan kambing ajaib kaki dua, berita tentang temples mereka sendiri, dan yg paling sering gwa disiarin (seenggaknya selama gwa dsana) adalah berita tentang kementrian pendidikan dan kemajuan pendidikan disana. No gossip! No gunjing2an. Hiburan disana cuma 3: acara masak2an lokal/lagu2 live lokal, drama fiksi kaya kera sakti/drama komedi, dan lomba2 kaya cerdas cermat lagu kaya missing lyrics, dll.

Gwa sempet juga tuh nonton berita mereka, isinya ada yg kriminal jg si, tertangkapnya orang melakukan kecurangan saat apaaa gt. Gwa gak tau. Tapi ya selama gwa dsana nonton berita gwa belom liat berita2 pembunuhan sadis, serong2an artis, atau reality show yg gampar2an. Mungkin, again, gwa lucky aja kali gak nonton begituan. Atau emang kitanya aja yg doyan nonton begituan, jadi TV2 mau gak mau biar untung ya harus ngikutin selera pasar.







trus ada lagi nih yg beda dsini dan dsana... gwa liburan di indonesia (bali, jakarta) asa lebih serem dibanding di Thailand euy ternyata. gwa ke bali berasa liburan di luar negeri, tapi gwa (pribadi, gak tau yg lain) ngerasa kalo liburan di Bali dan ketauan org Indonesia (apalagi kalo ketauan backpacker pula) berasa gak dipeduliin, nanya sana sini gak jelas, mungkin pada saat itu org2 mikir gwa gak bakal nyasar kali ya. Toh bisa ngmg bahasa indonesia gini.. Berasaorang lokal kok terlantar. atau lebih tepatnya orang gak ada uang terlantar pula. hehhe. musti nanya polisi atau org2 agak desa2nya.

Tapi kalo dsana, justru kebalikan. Orang lokal (setau gwa, setelah sharing2) ternyata jarang dibaikin sama turis2 dsana. Mungkin karena mereka susah berkomunikasi dan gak banyak yg bisa bahasa inggris kecuali tempat2 kerja yg udah ada nama kaya mall atau minimarket kali ya.. Tapi yang pasti, sekali aja lw senyumin mereka dan berlaku sopan (bukan bossy dan sok kaya) apalagi kalo lw berkomunikasi sama mereka penuh senyum dan seperti keluarga, mereka bisa 10x lipat lebih baik dari pada kita. (senggaknya itu yg gwa rasa).
Karena selama gwa dsana, perjalanan gwa jadi lancar ya karena gwa ngelakuin hal2 tadi.

Contohnya ni, gwa sempet dtawarin parasailing, instead of just say "no thanks" gwa n temen gwa malah nanggepin pertanyaan2 ringan dan kenalan deh. ujung2nya kita nanya tur2 murah dsana. Dibantuin deh. Bahkan bukan sekedar nyari tur murah, langsung dia yg nawarin org2 tur (bargain) pake bahasa Thailand pula. alhasil gwa ke phi2 don dan nonton simon cabaret murah bgt 50% lebih murah.. hehhehe.

Trus gwa jg sempet berlaku sopan bgt sebagai turis, senyum, ketawa kecil (sok manis) kalo mau bilang "excuse me" di terminal yg orangnya serem2.. (namanya jg backpacking, biaya termurah laaah). Kebetulan saat itu gwa mau naik bis dari Phuket ke Bangkok. 12 jaman. trus karna tempat duduk penuh, kita duduk berpisah2.. Eeh, cowok yg tadinya sebangku ama gwa dminta pindah sama si bapak2 bisnya, disuruh tukeran tempat duduk... Si cowok pindah jg gak merengut, malah senyum. Tukang counternya bahkan turun tangan buat nganterin tiket dan tempat duduk. Dibangunin pas mau makan malam dan mau nyampe. sampe niat bgt (karna gak bisa ngmg bahasa inggris) dia rela bawa2 majalah yg ada gambar bangkok sambil nunjuk2 gambar itu dan gwa berasumsi maksud dia udah di bangkok, dan nunjukkin gambar pesawat dengan berasumsi dia mau ngomong "kamu mau ke airport?"..
hhehehe. Susah deh dsana komunikasinya, tapi gak tau knapa, orang dsana kalo nolongin gak setengah2, gak takut2an, terlebih kalo kita lebih dulu menghargai mereka. Dari terminal, mereka bakal berusaha ngejamin lo bukan hanya di pemberhentian bus, tapi sampe lo nyampe di airport segala. Mereka gak akan berhenti ngebantu cuma karna dia gak ngerti bahasa inggris dan kita gak bisa bahasa Thailand. hhehe.



Kalo gwa liat, orang Indonesia (mungkin) lebih modern dan pinter2, cool calm confident. dan sedikit individualis dan amat sangat curigaan (termasuk saya jg). hhe.
Elo, ya elo. Gwa ya gwa. Masalah elo derita lo. (kata org kita jaman sekarang, termasuk gwa mungkin di beberapa kasus).
Disana? lebih tradisional. Orang gak kenal satu sama lain, gak diminta bantu, malah bantu. contoh?
nih, gwa kan nyewa driver gt dsini, mobilnya mogok ditengah jalan (malu bgt neh kalo di bdg ama di jakarta). kalo indo pasti di-tin-tin-nin. rame org ngamuk, nyuruh2 minggir. ngebuat org yg punya mobil mogok ketakutan gerasa gak enak. Pas mobil gwa mogok. Anehnya, sopir gwa cm buka kaca trus ngomong pake bahasa thailand (setelah 5 menit mencoba ngidupin tapi gak berhasil.. Bayangin 5 menit. Lama tuh ukuran jalan padet apalagi di pengkolan.) org rame2 ngedorong. Bantuin nge-batere-in mobil, dll.. dan pas gwa tnya, DIA GAK BAYAR SAMA SEKALI. untuk dorong2 dan ngisi aki de el el sambil ngisi batere (sori gwa gak ngerti otomotif). 2x ini terjadi, 2x ini free. padahal ngebenerinnya ampe 2 jaman. dibantuin mpe selesai. Dari jam 6an ampe jam 8an. (perlu di notes, ini di Bangkok, a.k.a Ibukota thailand).

Suasana dsana kekeluargaannya menyeluruh. Satpam ketemu tukang tur udah kaya keluarga. tukang masak ketemu sopir kaya temen. Kayanya nyamaaaan bgt hidup bermasyarakat disana. senyum sana sini sesama org lokal. Gak ada gap sama sekali termasuk org kaya lokal yg ikutan tur kalo sopir gwa nanya2 apa ke mereka jg kaya keluarga. Kalo indonesia, seperti kata gwa, lebih pinter2 kali ya, makanya susah percaya sama org. Social trustnya rendah, karna mungkin org indonesia tau kalo ada pepatah "rambut boleh sama hitam, hati belom tentu". Disana social trustnya tinggi nampaknya. Tanya kenapa.


Orang Indonesia lebih modern dan pinter2. Mungkin cendrung oportunis. Disana? agak sedikit beda.
Gwa seharian ke 8 tempat wisata bayar transport dalam kira 4100 baht, gwa genapin jadi 4200an misalnya. makasihnya minta ampun. Sampe pake acara gak enakan segala. Itupun ujung2nya di hari terakhir malah dipake buat ngejajanin kita bekal 5 buah donut plus lemon tea buat makan di jalan. Trus dia ngasi ngeganti kartu nama mereka pake poto kita2. Huhuhu. jadi terharu.. Jadi duit plus2 yg dikasi tiap harinya yg gak seberapa itu dibelanjain ujung2nya buat kita2 lagi.

Gak mau bayar langsung 3 hari kedepan (prepaid), karna dia blg "saya belom melakukan apa2, tidak boleh dibayar".

Istrinya nelponin minta izin tidur duluan sama sopir gwa (mulia bgt istrinya), gwa gak enak tuh jadinya, tapi dia blg " Nooo it's ok. I will wait until everything is finished. oke oke" pake logat ba bi bu-nya yg gak lancar.

Trus pas gwa kompakan nraktir dia makan siang atau malam karna seharian nemenin kita, gak pernah mesen mahal2. malah mesen paling murah. trus gwa pernah sengaja mesen yg paketan gt biar dia makan apa yg kita makan, contohnya tom yum kung spesial nih. Trus dia langsung buru2 ngambil mangkok nuangin tom yum kungnya dan dibagi2in ke kita beserta isi sop tom yum nya. Sementara dia menyisakan dirinya HANYA KUAH. Apa2an coba. trus pas gwa tuangin udang2an sama kerang dan ikan, dia blg "no no no". Trus terlanjur dikasi dan gwa kasi jurus andalan gwa: senyum. Dia akhirnya nurut sambil blg "thank u" berulang2.

Trus kalo gwa minta rute baru, instead of ngamuk, dia malah nelpon temen2nya nanyain rute dll. Padahal gwa gak bayarin pulsa dia sama sekali. hahahaha. ujung2, beres aja. Pas gwa tanya temen gwa, dia blg "i don't take any advantage here... just doing what it call pay it forward". Melakukan kewajiban dan dibayar di akhirat. Hhehe. Langka.


Tapi tetep. Teknologi, pendidikan, modernisasi, bangunan2, makanan, budaya, pulau2, tempat wisata, konflik pemerintahan, coretan2 dinding, alay2, gosip, film2 horror panas, lebih oke Indonesia. hehhe
jadi teteeep, bangga sama Indonesia. Apalagi kalo ngebayangin kedepannya.

Mau tau gmana cerita petualangan gwa terlebih pas gwa kena jebak mafia disana? Mau tau wajah2 cowok dsana yg lebih mirip miss Brazil dibanding laki2? Mau tau cerita gwa dikunci di tempat stripper?
ntar kapan2 gwa buat notes lagi. lebih seru. Mama gwa sempet mau ditangkep sama orang kuil segala lhoo. lucu deh. hehhehe.


note: makasih buat temen2 yg bantuin gwa saat panik dsana. kikikikik ;p it ended up GREAT.


Bersama keluarga baru di Thailand: Mr Sam RJ, Ms Piu (Istrinya Sam), dan Mr Somkid Haboonme.
Feels Like Home.. :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

4 comments:

:: d other side of me :: said...

iihh asiikk amat c :D

mauu looh bsa jalanjalan murah kethailand gtu ..

caranya gmana ya de ? aku mau banget nii .. asikk kayaknya berpetualang di negerii orang . hehehe*

kamu punya kenalan dsana juga yh ?

lam knal yh :)

:: d other side of me :: said...

dea lam knal yy ^^

baca blog kamu jadi irii ..
asiikk amad c dea bsa k thailand murah gtuu :)

caranyh gmana yy de ?
ak mau bangett hehee :D

Dea said...

halo ninna, caranya gampang:
1. search jakarta-phuket yg murah dari pesawat2.. gwa kmaren pake pesawat airasia.. kamu cek keberangkatan tengah2 bulan biasanya lebih murah.. cek tanggal 7 sampe 12..
trus keep eye utk tiket2 promo
2. lo search tempat wisata tujuan, atau bisa jg tempat lokal, tpi yg menarik
3. lo cari2 transport utk ke tpt2 wisata tersebut..
4. hitung keseluruhan biaya, kalo dijumlah masih mahal, silahkan dikurangi tempat2 tujuannya atau pakai tujuan alternatif.. :D



btw, mau kmana rencananya?
thailand juga? :D

Dea said...

gwa juga punya knalan dsana, tapi org thailand.. (no indonesia)..
temen ada c yang kenalannya lagi skul dsana, tapi gwa ga enak ih kalo SKSD minta anterin kmana2.. hehhe